MediaTek Umumkan SoC 5G Baru untuk Perangkat-perangkat Flagship 5G Gelombang Pertama

Chipset 5G multi-mode, dengan modem terintegrasi MediaTek Helio M70, proses 7nm dan teknologi CPU, GPU dan PU terbaru untuk lonjakan kinerja tinggi dan konektivitas super-cepat

 Taipei, Taiwan – 29 Mei 2019 – Hari ini di COMPUTEX, MediaTek mengungkapkan kesiapannya untuk 5G dengan memperkenalkan chipset 5Gnya yang canggih, sebuah system-on-chip (SoC) 5G 7nm multi-mode yang dirancang untuk memberdayai gelombang pertama berbagai smartphone 5G canggih.

Chipset 5G terintegrasi ini, dengan modem 5G MediaTek Helio M70 yang sudah tertanam, memiliki teknologi tercanggih di dunia dalam bentuknya yang kecil, termasuk CPU Arm terbaru Cortex-A77, GPU Mali-G77, dan AI processing unit (APU) termutakhir dari MediaTek untuk memenuhi kebutuhan tenaga dan kinerja dari 5G guna menghasilkan konektivitas super cepat dan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Chipset 5G multi-mode ini ditujukan untuk jaringan 5G sub 5-6GHz standalone dan non-standalone (SA/NSA). Dan mendukung konektivitas dari 2G hingga 4G untuk menjembatani akses ke jaringan yang sudah ada sementara jaringan 5G sedang dibangun di seluruh dunia.5G SoC

“Semuanya mengenai chip ini dirancang untuk gelombang pertama perangkat-perangkat 5G flagship. Teknologi canggih di chipset ini menjadikannya SoC 5G paling hebat yang diumumkan saat ini dan menempatkan MediaTek di posisi terdepan dalam rancangan SoC 5G,” kata Joe Chen, President, MediaTek. “MediaTek akan memberdayai perangkat-perangkat 5G kelas premium.”

Chipset MediaTek 5G ini terintegrasi dengan modem 5G Helio M70 yang sudah pernah diumumkan, memberikan solusi komprehensif bagi para pembuat perangkat untuk 5G ultra-cepat dalam bentuk yang efisien penggunaan dayanya. Rancangan chip 5G tunggal dari MediaTek lebih canggih dari solusi dua chip, khususnya dalam kemampuan menghasilkan kinerja irit-daya.

Chipset baru ini akan siap untuk contoh pelanggan di Q3 tahun 2019 dan dalam perangkat komersil di Q1 tahun 2020. Spesifikasi lengkapnya akan diumumkan beberapa bulan mendatang. Termasuk dalam fitur dan teknologi yang dimiliki SoC 5G terintegrasi MediaTek untuk sub-6GHz adalah:

  • Modem 5G Helio M70: MediaTek merancang modem 5G Helio M70 untuk terintegrasi dengan SoC ini.
    • Kecepatan unduh 4,7Gbps dan kecepatan unggah 2,5Gbps
    • Penghematan daya secara cerdas dan pengelolaan daya komprehensif
    • Dukungan multi-mode – 2G, 3G, 4G, 5G – dan berbagi-daya dinamis untuk konektivitas terbaik

 

  • Arsitektur AI terbaru: Dilengkapi AI processing unit terbaru. Mendukung lebih banyak aplikasi AI tingkat tinggi, termasuk untuk pencitraan seperti de-blur, memungkinkan pengguna mendapatkan foto terbaik bahkan ketika subyek foto bergerak cepat.
  • Teknologi CPU terbaru: SoC 5G MediaTek merupakan “monster” kinerja dengan CPU Arm Cortex A-77 yang baru saja diumumkan.
  • GPU paling canggih: Sebuah GPU Arm Mali-G77 baru yang memungkinkan streaming mulus dan pengalaman gaming di kecepatan 5G.
  • FinFet 7nm inovatif: SoC 5G pertama di dunia yang dibuat dengan proses produksi canggih 7nm untuk penghematan daya tinggi dalam bentuk kecil.
  • Kecepatan tinggi: Kecepatan unduh maksimal 4,7Gbps (sub-6GHz) dan dukungan New Radio (NR) 2 Component Carrier (CC). Mendukung arsitektur jaringan 5G non-standalone (NSA) dan standalone (SA).
  • Kinerja Luar Biasa untuk Multimedia dan Pencitraan: Mendukung encode/decode video 4K di 60fps dan kamera resolusi super tinggi (80MP).

“Industri, OEM, dan konsumen memiliki harapan tinggi dari 5G. Kami yakin perangkat-perangkat yang ditenagai chipset 5G MediaTek, dengan arsitekturnya yang canggih, fitur-fitur pencitraan terkemuka, AI hebat dan kecepatan 5G ultra-cepat, akan menghasilkan berbagai pengalaman yang luar biasa,” kata Chen.

Konsumen merupakan yang paling diuntungkan dari masuknya MediaTek ke pasar chipset 5G canggih karena seiring dengan upaya MediaTek mendorong lebih banyak perangkat 5G, akan lebih banyak orang yang bisa mengakses teknologi canggih.

Modem Helio M70 yang terintegrasi dalam SoC 5G ini mendukung konektivitas ganda LTE dan 5G dengan kemampuan berbagi-daya dinamis, ditambah dukungan multi-mode untuk semua generasi konektivitas selular mulai dari 2G hingga 5G. SoC ini juga memiliki teknologi pergantian bandwidth dinamis yang mengalokasikan bandwidth 5G yang dibutuhkan aplikasi-aplikasi tertentu untuk meningkatkan efisiensi daya modem hingga 50 persen dan memperpanjang umur batere.

MediaTek sudah mulai bekerja dengan para operator selular terkemuka, pembuat perangkat dan pemasok untuk melakukan verifikasi akan kesiapan pasar untuk teknologi 5Gnya di mobile dan juga untuk rumah cerdas serta mobil cerdas.

MediaTek juga bekerja sama dengan pemasok komponen 5G dan operator selular di seluruh dunia dalam teknologi RF untuk menghasilkan sebuah solusi 5G yang lengkap, berdasarkan standar, dan optimal, ke pasar dalam waktu cepat. Termasuk dalam perusahaan-perusahaan yang berkolaborasi dengan MediaTek di teknologi RF adalah Oppo, Vivo dan pemasuk RF kelas atas seperti Skyworks, Qorvo, dan muRata, merancang modul front-end yang bisa mengakomodasi 5G dan mempertahankan ketipisan dan gaya perangkat.

SoC 5G MediaTek ini dirancang untuk jaringan-jaringan Sub-6GHz global yang mulai diluncurkan di Asia, Amerika Utara dan Eropa. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi MediaTek 5G.

 

###

 

Sekilas MediaTek Inc.                                                                

MediaTek Incorporated (TWSE: 2454) adalah perusahaan semikonduktor fabless global yang memberdayai 1,5 milyar perangkat terhubung tiap tahun. MediaTek merupakan pemimpin pasar dalam pengembangan systems-on-chip (SoC) inovatif untuk perangkat mobile, hiburan rumah, konektivitas dan IoT. Dedikasi MediaTek dalam inovasi memposisikan perusahaan ini sebagai pendorong pasar dalam bidang-bidang teknologi penting seperti teknologi mobile dengan penggunaan daya sangat efisien, dan solusi multimedia tingkat tinggi di berbagai produk seperti smartphone, tablet, televisi digital, kotak OTT, wearables, dan solusi otomotif. MediaTek memberdayakan dan menginspirasi orang untuk memperluas cakrawala mereka dan dengan mudah meraih tujuan melalui teknologi cerdas. MediaTek menyebut ide ini sebagai Everyday Genius dan menjadi pendorong dalam semua hal yang dilakukan. Kunjungi www.mediatek.com untuk informasi lebih lanjut.