MediaTek Memperluas Program Rich IoT dengan Mitra-mitra Baru untuk Mendorong Inovasi di Pasar Perangkat Cerdas

Chipset-chipset AIoT MediaTek akan mempercepat waktu pemasaran untuk berbagai rangkaian perangkat AI suara, tampilan dan visi komputer

 LAS VEGAS – 8 Januari 2020 – MediaTek hari ini mengumumkan kolaborasinya dengan berbagai penyedia teknologi dan firma layanan desain untuk memperluas program Rich IoT guna mendorong inovasi di pasar perangkat cerdas. Lewat kerja sama ini, MediaTek dan mitra-mitranya akan mendorong platform-platform pengembangan yang berbeda, sangat terintegrasi dan kaya fitur untuk pasar perangkat IoT yang bergerak cepat. Termasuk dalam program Rich IoT MediaTek adalah tiga platform chipset AIoT: i300B (MT8326B) untuk perangkat asisten suara, i300A (MT8326A) untuk layar multimedia dan i500 (MT8385) untuk perangkat visi AI.

 Program Rich IoT akan mempercepat siklus pengembangan dan meminimalkan resiko-resiko desain untuk enterprise, startup, merek-merek baru dan OEM. Para pakar MediaTek bekerja sama dengan mitra-mitra untuk membawa dan mengoptimalkan berbagai penawaran bernilai tambah di platform-platform AIoT MediaTek, memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk mengintegrasikan berbagai fitur dan kemampuan AI ke dalam chipset-chipset i300B, i300A, dan i500 untuk menghadirkan produk-produk serta layanan-layanan terbaru ke konsumen dengan cepat dan hemat.

 “Program Rich IoT kami memampukan para mitra untuk selangkah di depan permintaan pasar perangkat rumah cerdas dengan kemampuan asisten suara, multimedia dan visi yang diperkuat AI,” kata Jerry Yu, Corporate Senior Vice President dan General Manager, Intelligent Devices Business Group, MediaTek. “Chipset-chipset AIoT MediaTek telah dioptimalkan untuk solusi-solusi mitra kami, sehingga perusahaan-perusahaan bisa merancang berbagai perangkat IoT dengan kemampuan edge-AI, menghasilkan pengalaman-pengalaman baru bagi pengguna, dan menjawab berbagai peluang pasar baru.”

Termasuk dalam mitra-mitra teknologi yang tergabung dalam ekosistem Rich IoT MediaTek:

  • DSP Concents: Penyedia alat pengembangan audio dan IP untuk kreator produk-produk audio. Teknologi antarmuka suara DSP Concepts akan memampukan konsumen untuk bisa berinteraksi lebih mulus dengan berbagai perangkat.
  • Elliptic Labs: Platform AI Virtual Smart Sensor dari Elliptic memberikan kemampuan tampilan 360-derajat, deteksi kehadiran dan gestur bebas-sentuh. Teknologi intinya yang diperkuat ultrasonic tidak membutuhkan perangkat keras sensor tambahan, dan menggunakan mikrofon dan pengeras suara yang sudah ada dalam perangkat untuk menghasilkan fitur-fitur cerdas dan inovatif.
  • Esper: Dengan platform dan alat pengembangan Esper, perusahaan-perusahaan bisa dengan cepat membuat, memasang dan mengelola aplikasi serta perangkat untuk solusi-solusi papan signage, penjualan, dan kios digital.

 

Termasuk dalam mitra-mitra layanan yang tergabung dalam ekosistem Rich IoT MediaTek:

  • Innocomm: Menawarkan layanan-layanan ODM (original design manufacturer), Innocomm membantu perusahaan-perusahaan merancang solusi-solusi perangkat keras dan perangkat lunak untuk perangkat-perangkat terhubung.
  • OLogic: OLogic menawarkan keahlian desain perangkat keras untuk elektronik, perangkat lunak tertanam dan desain manufaktur untuk perangkat konsumen, robotik dan IoT.
  • Sasken: Spesialis dalam rekayasa produk dan transformasi digital, Sasken menyediakan layanan-layanan R&D concept-to-market hingga chip-to-cognition bagi para pemimpin global dalam semikonduktor, industrial, perangkat cerdas, wearable dan lain-lain.
  • Synapse: Kemajuan adalah vital, dan Synapse adalam mitra pengembangan produk untuk merancang, mengintegrasi dan menghasilkan berbagai ekosistem terhubung yang dengan mulus menggabungkan perangkat keras dan perangkat lunak.

MediaTek i300B, i300A dan i500 memiliki teknologi edge AI yang canggih untuk pengenalan suara, tampilan dan obyek serta fitur-fitur lain yang dibutuhkan perangkat cerdas masa kini. Chipset-chipset ini sangat terintegrasi dengan CPU, GPU dan APU (AI Processing Unit) dan konsumsi daya ultra-rendah untuk mendukung permintaan proses dari perangkat-perangkat AI masa depan. Platform-platform perangkat keras ini memiliki perangkat lunak BSP (board support package) yang dirancang untuk open-source dan mendapat pembaruan tiga-bulanan, serta mendukung pembaruan OTA (over-the-air) untuk pembaruan keamanan di Linux, OpenSSL dan Yocto. Fitur-fitur keamanan ini memudahkan pembuat perangkat untuk menambal lubang keamanan dan melindungi data konsumen. Perangkat lunak tersedia dalam versi Linux dan Android.

MediaTek i300B merupakan sebuah platform proses aplikasi yang efisien dan sangat terintegrasi untuk perangkat-perangkat asisten suara yang terhubung ke cloud, seperti pengeras suara cerdas, perangkat dapur dan pembersih, kunci cerdas, dan lain-lain. i300A merupakan solusi multimedia nirkabel untuk produk-produk hub cerdas atau perangkat-perangkat yang membutuhkan tampilan layar sentuh, seperti thermostat, tampilan head-mounted, terminal point-of-sales, perangkat latihan olah raga, dan lain-lain. Chipset i300B dan i300A menggabungkan Wi-Fi dual-band 2x2 802.11ac dengan MU-MIMO, teknologi nirkabel Bluetooth 5 terbaru, dan algoritma baseband tingkat lanjut dalam sebuah paket tunggal untuk menyediakan kinerja luar biasa dan konsumsi daya yang rendah. MediaTek i500 merupakan sebuah platform yang bertenaga dan efisien, menghadirkan kemampuan visi AI bagi perangkat-perangkat yang butuh mengenali obyek atau orang, seperti sistem keamanan cerdas, robot, dan drone. Chipset ini mendukung proses edge kinerja tinggi, kemampuan multimedia tingkat lanjut, lebih dari satu kamera resolusi tinggi, tampilan layar sentuh terhubung dan multi-tasking.

Kutipan-kutipan para mitra dalam dukungannya untuk program Rich IoT MediaTek:

“DSP Concept bangga menyediakan Audio WeaverTM sebagai platform audio untuk ekosistem Rich IoT, memampukan para pelanggan MediaTek untuk menghasilkan fitur-fitur pemutaran audio dan suara yang berbeda, termasuk TalkToTM dengan cepat, dalam produk-produk mereka. Kemampuan kami untuk membantu pelanggan merealisasikan audio DSP inovatif berkualitas tinggi merupakan kekuatan inti kami,” kata Jim Wargnier, Global VP of Sales, DSP Concepts. “Kemitraan ini merupakan sebuah contoh dari bagaimana Audio Weaver merupakan platform pilihan untuk alat dan pengantaran desain audio tertanam. Kami akan terus mendukung aplikasi rumah cerdas, industrial dan wearables dari MediaTek.”

“Kemitraan kami dengan MediaTek menghadirkan kemampuan gestur deteksi-kehadiran dan bebas-sentuh yang efisien dan akurat bagi pelanggan,” kata Laila Danielsen, CEO, Elliptic Labs. “Platform AI Virtual Smart Sensor kami memungkinkan berbagai kemampuan sensor virtual, semuanya dengan titik pandang yang bisa disesuaikan hingga 360 derajat berdasarkan teknologi ultrasonic inti kami.”

“Kami melihat pertumbuhan yang signifikan akan perangkat enterprise berantarmuka sentuh yang menjalankan Android. Esper senang berkolaborasi dengan MediaTek untuk menawarkan sebuah sistem operasi Android turnkey, platform aplikasi dan pengelolaan perangkat berbasis cloud, dan waktu pengembangan aplikasi dipercepat untuk perangkat-perangkat Android yang terintegrasi vertikal,” kata Shiv Sundar, Founder dan COO, Esper. “Kami ingin perusahaan-perusahaan enterprise berfokus pada aplikasi dan platform cloud vertikal mereka dengan membangunnya di atas platform-platform teknologi stabil yang ditawarkan Esper dan MediaTek.”

“Mesin dan system-on-module AI kami yang sangat terintegrasi memberikan lebih banyak opsi bagi pengembang untuk mengembangkan berbagai aplikasi produk canggih berdasarkan platform desain modular. Ini secara mendasar menyederhanakan upaya desain dan meminimalkan resiko desain,” kata Paul Wang, Vice Chairman, Innocomm. “Sebagai salah satu mitra ekosistem Rich IoT, kami bangga bisa menghadirkan system-on-module SB30-i300 dan SB50-i500 kami ke pasar. Modul-modul ini merupakan produk ideal untuk menjembatani waktu antara prototipe dan produksi massal.”

 “Tim perancang dan pakar kami berfokus pada membantu para pelanggan menciptakan perangkat-perangkat terhubung berbeda dengan fitur-fitur edge AI canggih, seperti Pumpkin i500 EVK yang baru,” kata Ted Larson, CEO dan Founder, OLogic. “Dengan bergabung bersama ekosistem Rich IoT MediaTek, kami bisa menyediakan berbagai produk yang sangat terintegrasi dan layanan-layanan yang lebih lengkap untuk fase berikutnya dari era perangkat cerdas.” 

“Menyediakan solusi konsep-ke-market, layanan R&D chip-to-cognition di berbagai industri semikonduktor, otomotif, industrial, perangkat cerdas dan perangkat wearable merupakan inti dari strategi kami,” kata Satish Burli, VP dan Head-Product Engineering Services, Sasken. “Bergabung dengan ekosistem Rich IoT MediaTek semakin memperkuat komitmen kami untuk memampukan para pelanggan supaya bisa dengan cepat dan mulus mengintegrasikan silikon dengan fitur-fitur AI canggih di dalam produk-produk mereka.”

 

###

 

Tentang MediaTek Inc.

MediaTek Incorporated (TWSE: 2454) adalah perusahaan semikonduktor global luar biasa yang memungkinkan 1,5 miliar perangkat terhubung per tahun. Kami adalah pemimpin pasar dalam pengembangan sistem-on-chip (SoC) inovatif untuk perangkat seluler, hiburan rumah, konektivitas, dan produk IoT. Dedikasi kami terhadap inovasi telah memposisikan kami sebagai kekuatan pasar penggerak di beberapa bidang teknologi utama, termasuk teknologi seluler yang sangat hemat daya, solusi otomotif dan beragam produk multimedia canggih seperti ponsel pintar, tablet, televisi digital, 5G, Perangkat Asisten Suara (VAD) dan produk yang dapat dikenakan. MediaTek memberdayakan dan menginspirasi orang untuk memperluas wawasan mereka dan mencapai tujuan mereka melalui teknologi pintar, lebih mudah dan efisien daripada sebelumnya. Kami bekerja dengan merek-merek yang Anda sukai untuk membuat teknologi hebat dapat diakses oleh semua orang, dan itu mendorong semua yang kami lakukan. Kunjungi www.mediatek.com untuk informasi lebih lanjut.

 

Laman MediaTek Indonesia di Facebook: https://www.facebook.com/MediaTekID/

 

MediaTek Press Office:

PR@mediatek.com

Kevin Keating, MediaTek

+1- 206-321-7295

10188 Telesis Ct #500, San Diego, CA 92121, USA

Stephen Warouw, Priority Consultants

+62 811 1571707

stephen.warouw@priorityconsultants.com