MediaTek Memperkenalkan Chip Helio P65 yang Bertenaga untuk Smartphone

Chipset baru ini meningkatkan pengalaman bermain game dan fotografi mobile

 

Jakarta, Indonesia – 1 Juli 2019 – MediaTek hari ini mengumumkan peluncuran chip smartphone barunya, Helio P65. Chip ini dibuat dengan proses manufaktur 12nm, dengan arsitektur delapan inti (octa-core) yang memungkinkan kinerja tinggi dan konsumsi daya rendah. Chipset baru MediaTek Helio P65 mengintegrasikan dua inti CPU Arm Cortex-A75 dan enam inti CPU Cortex-A55 ke dalam sebuah kluster cache L3 besar. Chip ini juga memiliki GPU Arm Mali-G52 baru untuk menyediakan pengalaman bermain game yang lebih baik bagi pencinta game mobile, dengan kinerja 25 persen lebih tinggi dibandingkan produk-produk yang menggunakan arsitektur delapan inti generasi sebelumnya.

“Selain meningkatkan kinerja game mobile, meningkatkan pengalaman fotografi mengguna merupakan focus utama lainnya bagi kami,” akta Zonglin Li, General Manager, unit bisnis Wireless Communication, MediaTek. “Mengikuti tradisi Helio dalam memberdayakan smartphone dengan fitur-fitur kamera tingkat tinggi, Helio P65 mengambil langkah lebih  maju dengan sebuah akselerator hardware yang sudah ditingkatkan, menawarkan kinerja yang lebih handal lagi dan pengalaman fotografi luar biasa bagi konsumen. Peluncuran chipset MediaTek Helio P65 niscaya akan menjadi pendorong baru bagi inovasi smartphone di kelas menengah.”

Arsitektur Multi-Inti Kokoh Yang Meningkatkan Pengalaman Bermain Game

Helio P65 menggunakan arsitektur delapan-inti yang menggabungkan dua CPU Arm Cortex-A75 hingga 2GHz dan enam prosesor Cortex-A55 1.7GHz ke dalam sebuah kluster cache L3 besar untuk kinerja yang lebih bertenaga. Memanfaatkan CorePilot, teknologi komputasi heterogen MediaTek, chipset ini mendukung fitur-fitur seperti penjadwalan cerdas, pengelolaan suhu cerdas dan analisa tabiat pengguna, menyediakan kehandalan dan konsistensi kinerja yang lebih baik, membawa pengalaman game pengguna ke tingkat yang lebih tinggi.

Fitur utama lainnya dari Helio P65 adalah fungsi perintah suara terintegrasi, dioptimalkan untuk ukuran chipset yang kecil dan dirancang untuk memperpanjang umur batere. MediaTek juga telah memisahkan kanal audio untuk perintah audio yang digunakan untuk media dan game, menyediakan kualitas suara yang lebih baik untuk masing-masing kanal.

Akselerator Hardware Menghadirkan Pengalaman Fotografi yang Luar Biasa

MediaTek Helio P65 mampu mendukung kamera ganda resolusi tinggi yang terdiri dari sensor 16MP+16MP dan menyediakan adaptibilitas tinggi untuk pengambilan gambar sudut lebar dan long shot dengan menggunakan teknologi zoom gambar yang jelas. Selain mendukung multi-kamera di smartphone canggih, MediaTek Helio P65 juga mendukung perangkat mobile dengan kamera smartphone 48MP (4-cell) untuk kualitas gambar yang lebih baik. Selain itu, rancangan ISP aman dengan pengenalan wajah menghadirkan tingkat keamanan perangkat yang lebih tinggi.

Memanfaatkan teknologi fotografi tingkat lanjut dari seri MediaTek Helio, Helio P65 dilengkapi dengan berbagai akselerator hardware, seperti mesin depth of field untuk efek Bokeh professional, electronic image stabilization (EIS) untuk mengambil gambar cepat hingga 240 fps atau fotografi panorama tanpa efek Jello, dan sebuah camera control unit (CCU) untuk auto exposure instan (Instant AE) untuk situasi ketika kondisi pencahayaan tiba-tiba berubah, dengan cepat menyesuaikan fokus kamera.

 

Mesin GNSS Presisi Tinggi

Helio P65 memiliki Inertial Navigation System (INS) yang sudah ditingkatkan, supaya pengguna bisa mendapatkan informasi posisi yang lebih akurat bahkan ketika berada di dalam ruangan, di bawah tanah, atau di dalam terowongan. Mampu mengerti arah, Helio P65 bisa menentukan arah dengan tepat di mana pun. Chipset ini juga mendukung Dual 4G VoLTE, memampukan panggilan suara dan video tingkat tinggi, koneksi lebih cepat, cakupan lebih handal dan konsumsi daya lebih rendah. Selain itu, Helio P65 juga menawarkan konektivitas Wi-Fi 802.11ac, sementara koeksitensi Bluetooh/Wi-Fi merampingkan rancangan produk dan memastikan kinerja handal bagi pengguna.

Menggandakan Kinerja AI

Dibandingkan dengan pendahulunya, Helio P65 melipat-gandakan kinerja AI dan proses AI untuk tugas-tugas kamera AI seperti Goole Lens, galeri cerdas, pengenalan obyek, segmentasi latar belakang, penghapusan latar belakang, dan fotografi portrait yang 30 persen lebih cepat.

MediaTek Helio P65 sedang dalam tahap produksi massal, dan diharapkan tersedia di bulan Juli tahun ini dalam berbagai perangkat konsumen.

###

 

Sekilas MediaTek Inc.                                                                

MediaTek Incorporated (TWSE: 2454) adalah perusahaan semikonduktor fabless global yang memberdayai 1,5 milyar perangkat terhubung tiap tahun. MediaTek merupakan pemimpin pasar dalam pengembangan systems-on-chip (SoC) inovatif untuk perangkat mobile, hiburan rumah, konektivitas dan IoT. Dedikasi MediaTek dalam inovasi memposisikan perusahaan ini sebagai pendorong pasar dalam bidang-bidang teknologi penting seperti teknologi mobile dengan penggunaan daya sangat efisien, dan solusi multimedia tingkat tinggi di berbagai produk seperti smartphone, tablet, televisi digital, kotak OTT, wearables, dan solusi otomotif. MediaTek memberdayakan dan menginspirasi orang untuk memperluas cakrawala mereka dan dengan mudah meraih tujuan melalui teknologi cerdas. MediaTek menyebut ide ini sebagai Everyday Genius dan menjadi pendorong dalam semua hal yang dilakukan. Kunjungi www.mediatek.com untuk informasi lebih lanjut.