MediaTek Mempercepat Desain Smart Connected Device Dengan Program Rich IoT Baru Berdasarkan Standar-standar Terbuka

MediaTek berkolaborasi dengan para perancang global – termasuk BayLibre dan StreamUnlimited – untuk menghasilkan berbagai solusi chipset berdasarkan standar terbuka dengan teknologi suara dan AI bagi perusahaan-perusahaan yang mengembangkan berbagai perangkat IoT cerdas

JAKARTA, Indonesia – 21 Mei 2019 MediaTek hari ini mengumumkan program Rich IoT untuk menghasilkan berbagai platform chipset berkemampuan AI bagi perusahaan-perusahaan yang ingin berinovasi dan mengembangkan produk-produk di pasar perangkat cerdas. Platform ini, berdasarkan software dan hardware yang mengikuti standar terbuka dan industri, dibangun di atas chipset MediaTek yang sudah terbukti secara komersil yang sekarang digunakan di berbagai perangkat suara, speaker cerdas, tampilan dan AI yang sudah tersedia di seluruh dunia.

Di bawah program ini, MediaTek mengungkapkan beberapa chipset baru yang menggunakan teknologi AI canggih untuk fitur-fitur suara, tampilan, pengenalan obyek dan lain-lain yang dibutuhkan oleh perangkat-perangkat IoT cerdas. Selain itu, MediaTek bekerja sama dengan para perancang independent di China, Eropa dan Amerika Serikat, termasuk BayLibre dan StreamUnlimited. Para perancang ini mendukung chipset MediaTek dengan software yang mengikuti standar industry dan menawarkan dukungan hardware, software dan teknis yang dibutuhkan perusahaan-perusahaan yang merancang perangkat AI dengan platform-platform AI IoT dari MediaTek.

“Kami membawa AI ke produk Internet of Things sehari-hari, memudahkan berbagai industry untuk mengakses chipset dan teknologi MediaTek melalui jaringan mitra bernilai tambah,” kata Jerry Yu, Corporate Senior Vice President dan General Manager Intelligent Devices Business Group, MediaTek.

“Internet of Things telah memasuki fase berikutnya. Fitur-fitur AI diintegrasikan ke hamper semua tipe perangkat konsumen yang ada. Ini artinya perangkat terhubung sekarang membutuhkan prosesor untuk mendukung aplikasi AI, alih-alih unit mikrokontroler terbatas yang selama ini digunakan. Program Rich IoT dari MediaTek memungkinkan perusahaan-perusahaan dalam berbagai ukuran untuk menghasilan perangkat-perangkat dengan fitur-fitur AI, multimedia dan konektivitas yang lebih canggih,” kata Yu.

Pasar IoT diperkirakan akan berkembang seiring dengan kebutuhan perangkat terhubung akan lebih banyak proses dan diintegrasikan ke berbagai lini produk baru. Menurut Market and Research, sebuah grup riset industry, IoT akan memiliki pangsa sebesar 83% dari seluruh pasar chipset AI di tahun 2023. Dan secara global, AI dalam pasar perangkat IoT tertanam akan mendekati US$ 26 milyar di tahun 2023.

Chipset-chipset dalam program baru MediaTek memiliki berbagai dukungan standar melalui perancang yang sudah disebut di atas, termasuk kit evaluasi yang akan ditawarkan lewat Seeed Studios. Termasuk dalam fitur-fitur yang didukung di platform ini adalah:

  • 19 Linux Kernel; Yocto 2.6; Android Pie 9.0
  • OP-TEE (kompatibel dengan spesifikasi API GlobalPlatform)
  • Amazon Voice Service dengan algoritma audio front-end (wake-word engine, far-field)
  • Konektivitas seperti Wi-Fi 5 dan 4G

 

Chipset-chipset AI dan Rich IoT dari MediaTek sangat terintegrasi, menawarkan konsumsi daya sangat rendah untuk memaksimalkan umur batere dan menghasilkan kekuatan komputasi luar biasa (termasuk CPU, GPU dan AI Processing Units) untuk mendukung perangkat-perangkat AI generasi berikut. Chipset-chipset ini memiliki keamanan TrustZone dari Arm dan dilengkapi dukungan jangka panjang – hingga tujuh tahun – untuk pembaruan sistem operasi dan keamanan.

MediaTek merupakan produsen chip nomor 1 untuk perangkat bantuan suara (voice assistant devices – VAD), bekerja sama dengan berbagai merek terkemuka di dunia untuk memberdayai perangkat-perangkat cerdas termasuk speaker cerdas. Dengan program baru ini, MediaTek ingin mendorong inovasi AI dengan memudahkan perusahaan-perusahaan enterprise, startup, merek baru dan OEM terkemuka di berbagai negara untuk merancang perangkat IoT dengan kemampuan AI seperti pengenalan wajah, obyek dan suara.

MediaTek awalnya berfokus dalam tiga segmen utama IoT AI dengan program Rich IoT:

  • Perangkat Berkemampuan Suara: Untuk memampukan lebih banyak produk dengan kemampuan bantuan suara seperti speaker cerdas, mesin cuci dan pengering, mesin cuci piring, perangkat masak, kunci cerdas, dan lain-lain.
  • Perangkat Tampilan dan Layar: Produk-produk yang membutuhkan tampilan cerdas atau bertindak sebagai hub cerdas seperti thermostat, head-mounted display, terminal penjualan, perangkat olah raga, dan lain-lain.
  • Perangkat Visi AI: Berbagai produk dan perangkat yang perlu mengenali obyek atau orang seperti sistem keamanan cerdas, oven cerdas, robot, drone, dan banyak produk lainnya yang bisa memanfaatkan teknologi pengenalan AI atau visi computer.

Perangkat-perangkat IoT masa kini membutuhkan dukungan untuk kamera, tampilan, video, multimedia dan konektivitas. MediaTek sudah lama berfokus dalam teknologi-teknologi inti tersebut dan integrasi SOC mendalam. MediaTek merupakan salah satu perusahaan yang menyatukan berbagai teknologi yang dibutuhkan untuk deployment masal dari perangkat-perangkat terhubung AI.

Kolaborator global MediaTek menyatakan dukungan mereka untuk program Rich IoT baru ini:

BayLibre berinovasi di persimpangan industri semikonduktor dan Internet of Things. Perusahaan ini membuat paket-paket dukungan dan mengembangkan driver Linux dan U-boot untuk industri semikonduktor. BayLibre membantu OEM memasuki pasar dengan menawarkan SDK Rity open source untuk solusi bantuan audio penuh.

“Dikembangkan dengan kemitraan mendalam bersama MediaTek, SDK Rity open source menawarkan waktu-ke-pasar yang sangat cepat untuk perangkat-perangkat bantuan suara tanpa mengorbankan fleksibilitas dan kualitas, menciptakan produk disruptif berikutnya di segmen pasar IoT, Audio, dan Voice Assistant,” kata Michael Turquette, CEO, BayLibre.

StreamSDK merupakan solusi audio cerdas yang sudah terbukti di industrinya, yang memberdayai berbagai perangkat bantuan suara dan streaming tier-1 di pasar. Jawad Haider, Head of Business Development and Partnerships for North America, StreamUnlimited, mengatakan, “Kami memperluas penawaran kami dengan menambahkan fungsi IoT khusus ke SDK kami, yang akan membantu berbagai penggunaan baru dalam fungsi-fungsi bantuan suara, streaming music dan rumah cerdas. Program Rich IoT dari MediaTek akan membantu kita masuk ke produk-produk audio cerdas generasi berikutnya.”

Seeed Studios membantu memproduksi dan menyediakan akses global ke produk-produk IoT berkemampuan AI generasi berukutnya lewat layanan-layanan manufaktur dan distribusi. “Seeed Studio bangga mendukung program Rich IoT dari MediaTek. Kami membawa pengalaman lebih dari sepuluh tahun ke inisiatif ini, menggunakan jaringan rantai persediaan kami dan menyediakan layanan-layanan manufaktur dan distribusi global yang luwes,” kata Eric Pan, CEO, Seeed Studios.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi program Rich IoT dari MediaTek.

 

###

 

Sekilas MediaTek Inc.                                                                

MediaTek Incorporated (TWSE: 2454) adalah perusahaan semikonduktor fabless global yang memberdayai 1,5 milyar perangkat terhubung tiap tahun. MediaTek merupakan pemimpin pasar dalam pengembangan systems-on-chip (SoC) inovatif untuk perangkat mobile, hiburan rumah, konektivitas dan IoT. Dedikasi MediaTek dalam inovasi memposisikan perusahaan ini sebagai pendorong pasar dalam bidang-bidang teknologi penting seperti teknologi mobile dengan penggunaan daya sangat efisien, dan solusi multimedia tingkat tinggi di berbagai produk seperti smartphone, tablet, televisi digital, kotak OTT, wearables, dan solusi otomotif. MediaTek memberdayakan dan menginspirasi orang untuk memperluas cakrawala mereka dan dengan mudah meraih tujuan melalui teknologi cerdas. MediaTek menyebut ide ini sebagai Everyday Genius dan menjadi pendorong dalam semua hal yang dilakukan. Kunjungi www.mediatek.com untuk informasi lebih lanjut.