MediaTek Hadirkan Fitur Premium pada Smartphone 5G Tingkat Tinggi dengan Chipset 5G 6nm Baru, Dimensity 900

MediaTek Dimensity 900 menghadirkan pencitraan yang tajam, tampilan yang brilian, serta konektivitas 5G dan Wi-Fi 6 

JAKARTA, Indonesia – 18 Mei 2021 – MediaTek hari ini mengumumkan chipset 5G baru, Dimensity 900, teknologi terbaru tambahan untuk keluarga Dimensity 5G. Chipset Dimensity 900, yang dibangun di atas node manufaktur berperforma tinggi 6nm, mendukung konektivitas Wi-Fi 6, layar FHD+ 120Hz yang teramat sangat cepat, dan kamera utama 108MP untuk pengalaman menyeluruh yang luar biasa.

“Dimensity 900 menghadirkan rangkaian konektivitas, tampilan, dan peningkatan visual 4K HDR ke dalam smartphone 5G tingkat tinggi dan memberikan fleksibilitas desain yang luar biasa kepada para produsen untuk portofolio 5G mereka,” kata Dr. JC Hsu, Corporate VP and GM of MediaTek's Wireless Communications Business Unit. “Dukungan chipset untuk 5G dan Wi-Fi 6 memastikan para pengguna mendapatkan hasil maksimal dari perangkat gadget mereka dengan konektivitas super cepat dan andal.”

Chipset Dimensity 900 terintegrasi dengan modem sub-6GHz New Radio (NR) 5G baru dengan agregasi operator serta dukungan untuk bandwidth hingga 120MHz. Chipset ini dilengkapi dengan central processing unit (CPU) octa-core yang terdiri dari dua prosesor yaitu Arm Cortex-A78 dengan kecepatan clock hingga 2.4GHz dan enam core Arm Cortex-A55 yang beroperasi hingga 2GHz. Dimensity 900 mendukung memori LPDDR5 dan storage UFS 3.1 andalan, dan dapat beradaptasi dengan kecepatan refresh layar 120Hz, yang menghadirkan peningkatan performa yang luar biasa dan pengalaman yang lancar ke perangkat mobile 5G.

Chipset ini juga mengintegrasikan unit pemrosesan grafis (graphics processing unit/GPU) Arm Mali-G68 MC4, bersama dengan unit pemrosesan kecerdasan buatan (artificial intelligence processing unit/APU) independen yang memberikan efisiensi daya optimal untuk masa pakai baterai yang lebih lama. Unit pemrosesan AI generasi ke-3 dari MediaTek ini sangat hemat daya untuk mendukung berbagai aplikasi AI dan resolusi definisi tinggi 4K (high-definition resolution/HDR).

Beberapa teknologi canggih utama yang diintegrasikan ke dalam Dimensity 900 antara lain:

  • MediaTek Imagiq 0: Chipset ini mengintegrasikan prosesor sinyal gambar (image signal processor/ISP) HDR-native kelas unggulan dan menggabungkan mesin perekaman video 4K HDR dengan akselerasi perangkat keras yang unik. Teknologi ini mendukung hingga empat kamera bersamaan dan sensor hingga 108MP.
  • MediaTek MiraVision: Chipset ini mengemas peningkatan kemampuan video dari rentang dinamis standar (standard dynamic range/SDR) ke HDR dengan penyempurnaan secara real-time dari pemutaran video HDR10+ untuk meningkatkan warna dan kontras konten.
  • Peningkatan AI-Camera Premium: Smartphone yang dipersenjatai dengan Dimensity 900 akan menangkap setiap detail dengan dukungan hingga kamera 108MP dengan 32M pada 30fps dan pilihan multi kamera seperti 20+20MP. Chipset ini mengintegrasikan unit pemrosesan AI kami dengan INT8 yang sangat efisien, INT16 dan kemampuan FP16 yang akurat memberikan hasil kamera AI premium dan super presisi.
  • Kecanggihan Konektivitas: Dimensity 900 mendukung fungsi standby 5G dual-SIM, jaringan 5G SA/NSA, dan layanan suara VoNR dual-SIM. Chipset ini mengintegrasikan koneksi 2x2 MIMO Wi-Fi 6, Bluetooth 5.2 dan GNSS.
  • Bermain Game dengan Mulus: Dimensity 900 mendukung mesin gaming HyperEngine dari MediaTek. Teknologi panggilan tanpa terputus yang canggih mendukung kelancaran gaming dan panggilan dual-SIM secara bersamaan, sekaligus dengan mode gaming berkecepatan tinggi 5G dan super hotspot.

Seri Dimensity 5G dari MediaTek menghadirkan kombinasi konektivitas, multimedia, AI dan inovasi pencitraan yang tak tertandingi pada ponsel pintar yang memperkuat perangkat premium dan andalan dengan keluarga Dimensity 1000, 1100 dan 1200, serta berbagai rangkaian perangkat dengan keluarga Dimensity 700, 800 dan 900 untuk pasar global yang lebih luas.

Seri Dimensity mendukung setiap generasi konektivitas dari 2G hingga 5G, serta fitur konektivitas terbaru termasuk arsitektur standalone (SA) dan non-standalone (NSA) 5G, dua agregasi pembawa (2CC) 5G lintas frekuensi divisi duplex (FDD), waktu divisi duplex (TDD), berbagi spektrum dinamis (DSS), True Dual SIM 5G (5G SA + 5G SA) dan Voice over New Radio (VoNR).

MediaTek Dimensity 900 baru ini akan memberi daya pada perangkat ponsel pintar yang akan diluncurkan di pasar global pada Q2 2021.

Untuk spesifikasi lengkap dan detail lebih lanjut tentang Dimensity 900 MediaTek, silakan kunjungi: https://i.mediatek.com/mediatek-5g

 

###

 

Tentang MediaTek Inc.

MediaTek Incorporated (TWSE: 2454) adalah perusahaan semikonduktor fabless global yang memungkinkan 2 miliar perangkat terhubung setiap tahun. Kami adalah pemimpin pasar dalam mengembangkan sistem-on-chip (SoC) inovatif untuk perangkat seluler, hiburan rumah, konektivitas, dan produk IoT. Dedikasi kami pada inovasi telah menempatkan kami sebagai kekuatan pasar penggerak di beberapa bidang teknologi utama, termasuk teknologi seluler yang sangat hemat daya, solusi otomotif, dan berbagai produk multimedia canggih seperti smartphone, tablet, televisi digital, 5G, Perangkat Asisten Suara (VAD) dan perangkat yang dapat dikenakan. MediaTek memberdayakan dan menginspirasi orang-orang untuk memperluas wawasan mereka dan mencapai tujuan mereka melalui teknologi pintar, dengan lebih mudah dan efisien dari sebelumnya. Kami bekerja dengan merek yang Anda sukai untuk membuat teknologi hebat dapat diakses oleh semua orang, dan itu mendorong semua yang kami lakukan . Kunjungi www.mediatek.com untuk informasi lebih lanjut.

 

MediaTek Press Office:

PR@mediatek.com

Kevin Keating, MediaTek

+1- 206-321-7295

10188 Telesis Ct #500, San Diego, CA 92121, USA